BlogCycling

3 Tips Aman Bersepeda Dari Ancaman Kejahatan Begal

3 Tips Aman Bersepeda Dari Ancaman Kejahatan Begal

Banyaknya tindak kejahatan pembegalan masyarakat yang bersepeda terutama dikota-kota besar, seperti yang dialami oleh salah satu anggota Marinir TNI AL, Kolonel PW yang mengalami luka akibat dibegal saat bersepeda.

Peristiwa tersebut bermula dari aktivitas bersepeda di sekitar kantor kementerian pertahanan. Saat itu korban didatangi oleh orang yang tidak dikenal yang mengendarai sepeda motor yang kemudian menghampiri korban yang berupaya untuk mengambil tas korban.

Tidak hanya Kolonel PW yang menjadi korban, aktor Anjasmara juga nyaris menjadi korban aksi kejahatan begal ketika melintas bersepeda di depan Universitas Atmajaya. Nah, dari peristiwa tersebut Okto berinisiatif memberikan tips yang bisa kamu siapkan sebelum berolahraga sepeda.

Tips Aman Bersepeda Anti Begal

Dikutip dari cnnindonesia.com, dari Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), yang disampaikan oleh Raja Sapta Oktohari (Ketua Umum) memberikan 3 (tiga) tips aman bersepeda dari ancaman kejahatan begal.

Berikut ini adalah tips aman bersepeda dari tindak kejahatan pembegalan, mari simak penjelasannya:

1. Persiapkan diri kamu sebaik mungkin

Jangan pernah memaksakan diri untuk bersepeda jika kondisi badan kamu kurang fit. Kamu harus mengetahui kondisi diri sendiri, yang paling utama ketika kamu memiliki penyakit bawaan, atau merasa badan lagi tidak enak.

Nah, pastikan bahwa sebelum bersepeda kamu harus beristirahat yang cukup. Pastikan juga asupan air dalam tubuh kamu terpenuhi.

“Mungkin hal ini sering disepelekan, namun nyatanya sering dilewatkan dan diabaikan oleh pesepeda”, ujar Okto secara tegas.

Baca Juga: Segudang Manfaat Jogging Setiap Hari, Baik Untuk Kesehatan dan Kebugaran

2. Cek kondisi sepeda secara teliti

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sepeda yang kamu kendarai dalam keadaan baik. Cek mulai dari kondisi angin ban, rem, hingga body sepeda.

Sepeda yang dalam kondisi yang baik, tentunya akan memberikan kenyamanan saat bersepeda dan dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya seperti kecelakaan.

3. Rencanakan rute perjalanan kamu

Ketika kamu telah memastikan bahwa kondisi tubuh dan sepeda dalam keadaan bagus, tips selanjutnya adalah menentukan rute perjalanan yang aman saat bersepeda.

Seperti yang dipaparkan Okto, “Kalau kita merencanakan perjalanan dengan baik, Insya Allah itu bisa meminimalisir segala risiko yang mungkin bisa terjadi, seperti kejahatan atau kecelakaan.”

Okto juga menyarankan, jangan bersepeda sendirian. Sebaiknya aktivitas bersepeda dilakukan bersama-sama dengan teman untuk memperkecil kemungkinan buruk yang bisa kita alami.

Dengan menggunakan aplikasi gerak virtual bike assistance, kamu bisa mengukur jarak tempuh olahraga bersepeda. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti banyak event dan charity. Kamu bisa berolahraga sambil berbuat baik. Download dan install aplikasi Gerak Virtual Run di App Store dan Play Store, Gratis.

What's your reaction?

Excited
2
Happy
2
In Love
0
Not Sure
0
Silly
2

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Blog